Ritual Sebelum Belajar


Berbicara tentang metode belajar, masing-masing dari kamu pasti punya metode belajar yang cocok dan nyaman buat kamu. Bulan Agustus lalu sebelum gladi resik acara malam puncak agustusan aku sempat berbicara sedikit dengan partner MC ku yang kebetulan dia masih SMA, tapi dari perbincangan yang hanya sebentar itu aku banyak belajar dari dia.

      Talk to about study method, certainky each of you have a comfortable study method. In Augustus i was meet with Salsa my partner MC in August’s event i was learn from her about study method.
*
Namanya Salsa kelas akselerasi 11 IPA salah satu siswa sekolah ternama di Kota Malang. Selain prestasinya di bidang akademik dia juga berprestasi bidang non akademik, salah satu murid agent model ternama kedua di Malang juga. Rahasia belajar si Salsa sudah di terapkan sejak dia kelas 2 SD, waktu belajarnya ketika menjelang subuh sekitar jam 3 pagi,waktu jam kosong dia sering manfaatin buat belajar lagi sekedar membaca singkat sampai jam kosong itu habis,  terus dia lebih suka ngerjain PR di sekolah setelah semua pelajaran habis. Dia rela pulang sore bahkan sampai rumah malam *campur macet* asalkan di rumah dia nggak mikir tugas lagi dan tinggal istirahat *tidur nyenyak*. Dan dia sering ngerasa khawatir nggak tenang gitu kalau di ajakin pergi sama ortunya kalau dia belum ngerjain tugas, apalagi kalau besoknya ujian dia harus stay di rumah maksimalin belajarnya. Dia bilang juga kalau diajakin sama teman-teman SMA-nya hangout dia ngerasa pingin cepat-cepat pulang aja. Katanya lebih nyaman dirumah. Dia lebih suka belajar dengan kondisi yang tenang.

Kenapa Salsa begitu cintanya sama belajar sih ? ceritanya waktu kelas satu SD dia jarang belajar dan teman sekelasnya kebanyakan anak pintar, terus dia ngerasa paling bodoh. Sampainya di rumah dia mikir tentang itu, malu dan ngerasa sedih aja kalau kelihatan paling bodoh diantara teman yang lain, jadi sejak kelas 2 SD dia nerapin cara belajar seperti itu. Intinya pelajaran nomer satu buat Salsa. Wajar sih ya dia dapat kelas akselerasi yang sekolahnya singkat, wajar juga kalau dia dapat undangan kuliah di Jerman. Salut sama pemikiran Salsa yang masih kelas 2 SD tapi udah tau cara belajar yang pas buat dia dan akhirnya di terapin sampai dia SMA ini.


This pict im with her (Salsa)
     
**
      Mungkin ada diantara kalian yang punya metode belajar seperti Salsa ? kalau aku sendiri jaman SD metode belajar masih umum ya, belajar jam 6 sore sampai jam 8 malam, pr di kerjaain di rumah setelah pulang sekolah, waktunya pergi sama keluarga ya ikut aja, untuk ujian ya h-1 baru mulai belajar latihan soal *ngulang soal yang pernah di kerjain*, waktu main sama teman tetap maksimal karena waktu belajar malam dan mainya sore hari.

      Maybe one of you have study method like a Salsa ? but not to me. Since elementry school my study method same like to all of student, starting study in 06.00 pm until 08.00 pm. Do home work in home after school. In evening always play with all of my friend. Just like that every day.

      Mungkin baru SMA cara belajar ku sedikit berubah, mulai bangun pagi setelah sholat subuh baca-baca tentang pelajaran yang terjadwal pagi ini dan PR dikerjakan malam hari. Menginjak waktu kuliah mulai tidak teratur ! kalau ada tugas tentang materi teori ya di waktu istirahat langsung browsing tentang materi itu kalau nggak nemu baru cari di buku yang ada di perpus tapi karena kuliah lebih banyak di tugas perancangan yang mengharuskan kita ada di depan layar leptop selalu dan dengan waktu yang tidak di tentukan *sampai nggak tidur* semakin berfikir cara belajar yang lebih baik dan cocok untuk mahasiswa desain arsitektur sepertiku. Karena kemampuan masing-masing orang tentang pemahaman desain juga tidak sama. Ada yang mudah muncul ide tentang desain ada yang harus semedi dulu baru ide itu muncul.

      Entah apa metode ini ada yang sama dengan kalian atau tidak tapi ini metode ternyaman yang aku lakukan sejak kuliah.
Pertama ! sebelum mulai nugas kondisi diri harus fresh contonya aku harus sudah tidur hari ini *siap mau begadang*, harus sudah mandi dan kondisi tempat belajar pun harus nyaman *bersih*. Belajar ku nggak menentu kadang ada di meja belajar kadang juga sambil tiduran di atas tempat tidur.

      But when i school in architecture student, i changen study method. Because duty of architecture student is design planning so it make me always to standby in front of the computer until timeless LOL, until we don’t have time to sleep. Design design and design everyday. I think if you architecture student you know what i mean. Let’s look my method study now.

Event i study at my desk but event i study at my bedroom also

Kedua ! ada beberapa makanan favorit di meja atau minimal ada air mineral yang bisa di minum sampai waktu mengerjakan tugas selesai *kalau habis ambil lagi*.

When i start my study in my desk always there snack or just mineral water

Ketiga ! headset terpasang dan playlist lagu on *tulus se-album*

My play list song to company me when i study, Tulus is Pop Singer in Indonesia

Keempat ! harus sudah selesai hangout, kenapa ini penting ? karena supaya ketika aku nugas aku sudah nggak ingin sesuatu lagi. Jadi sebelum mulai nugas aku harus sudah memenuhi sesuatu yang aku ingini, contohnya : aku makan ramen favorit dulu sebelum menjelang nugas hari itu atau sekedar ngademin otak sambil minum ice cream favorit. Pokonya aku harus sudah memenuhi hasrat diri atas sesuatu hal yang ku mau, kalu hal itu terlewat ya itu akan mengganggu belajarku *dasarnya hobby makan sih*.

Kelima ! Jam belajar ku mulai sekitar jam 8 malam sampai jam 1 pagi kadang lebih *kalau gak horor* tapi kalau mendekat dead line bisa sampai engga tidur juga. Sebenernya nggak patut di contoh sih tapi mungkin diantara kalian yang mahasiswa arsitektur mengalami ini juga *jam tidur kurang* bukan karena jarang ngerjain tugas tapi karena ngerasa desain kita itu kurang enak jadi selau ada perubahan supaya lebih enak akhirnya terkesan nggak selesai-selesai. Ya kan ?

      Bosen ngdesain, sejenak aku baca buku yang halamannya belum habis ku baca, kadang tetang buku arsitek atau kadang juga tentang cerita inspiratif *tentang kehidupan*. Tapi itu hanya berjalan selama beberapa jam dan lanjut ngdesain lagi. Derita mahasiswa arsitektur jarang punya waktu hangout yang maksimal karena kita selalu di bayang-bayangi tugas desain *gak bisa puas*. Tapi setelah dead line itu kita lewati akhirnya bisa bernafas lega dan mulai hangout sepuasnya dan menyusun acara piknik. 
Ketika waktu santai terasa singkat berupa semaksimal mungkin manfaatin waktu buat jalan-jalan sebelum ketemu lagi sama tugas desain *yang melelahkan*.

When i was bored with this activity i choose to leave this paper and all of them ! i go to some place, just for to eat my favorite noodle or just to buy my favorite ice cream. It’s so fast because i must to go to back in my duty design design and design !


My favorite noodle (ramen or instans noodle)


My favorite ice cream

***
      Dengan metode belajar seperti itu sampai akhir ini aku bisa menjalani studyku dengan baik. Gimana sama cara belajar mu ? share di kolom komen ya 

With this methode i can do best study until now. How about your method study ? share in comment box !

Thank a lot. sew you on top :)

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment