SMK Bangunan v/s S1 Arsitektur

Beberapa bulan mulai aktif nulis dan aktif channel youtube (tapi editor masih error) di sosial media banyak yang tanya tentang kuliah arsitektur, dan beberapa orang baru yang kepo sama rasanya jadi mahasiswa arsitektur, kebetulan aku yang suka ngong yaa asikin aja punya teman ngomong baru.

Bersyukur ada beberapa pertanyaan seenggaknya aku bisa saling share dan yang sedikit bermanfaat untuk sekitar *mendadakmelow, sesuai dengan tujuan awal mulai aktif menulis dan membuat video youtube (editor masih error) adalah untuk saling berbagi terutama tentang dunia arsitektur, meskipun masih memiliki sedikit ilmu tentang itu tapi ketika kita saling berbagi dan mau menerima pengetahuan baru dengan seiring berjalannya waktu pengetahuan kita akan bertambah. Jadi . . .  ! ! langsung aja ! !.

Apa bedanya sekolah gambar bangunan X kuliah arsitektur ?
Kuliah Arsitektur itu beda sama sekolah gambar bangunan ! sama-sama bergelut di bidang gambar tapi skala ilmu yang di pelajari beda.

Sekolah GB (gambar bangunan) di mulai dari dasar arsiran jenis gambar bangunan, menggambar manual dasar struktur bangunan mulai pondasi sampai atap, menggambar ulang denah tipe 36 dan berlanjut ke tipe lebih besar, dasar perhitungan rencana anggaran biaya (RAB), dasar menghitung kekuatan bangunan dan mempelajari software gb diantaranya autoCAD, skatchup dll.

Kalau kuliah arsitektur selain mempelajari dasar-dasar menggambar yang ada di jaman sekolah GB juga mempelajari tentang besaran ruang, hubungan ruang, tipologi bangunan, analisis site dan konsep perancangan. Dari beberapa hal tersebut akan di bagi beberapa bagian lagi yang lebih kompleks, karena pada saat kuliah arsitektur mahasiswa bukan lagi menggambar ulang denah rumah yang biasa kita temui di brosur promo perumahan tapi lebih kuliah arsitektur itu menciptakan karya arsitektur baru.








Muculan pertanyaan seperti diatas ! Jadi . . . ! !
Kamu nggak perlu khawatir kalau kamu lemah di hitungan tapi merasa lebih punya kemampuan di bidang seni, menurutku itu salah satu modal utama karena arsitektur nggak lepas dari unsur seni bahkan ada beberapa ahli yang bilang kalau sebagian jiwa seorang arsitek itu adalah seniman. Kenapa di bilang seniman karena karya arsitektur yang di hasilkan pasti terdapat unsur seni yang luar biasa dari rancangannya karena karya arsitektur itu dimulai dengan pemikiran konsep dan segala pertimbangan yang matang.
Kamu jangan pernah salah antara ARSITEKTUR dan SIPIL : arsitektur itu perencanaan dan perancang yang kental akan estetika sedangkan sipil adalah pelaksanaan yang dimana mereka lebih kuat dalam hal pergitungan, jadi ketika kamu merasa lebih berjiwa seni pilih arsitektur tapi ketika kamu merasa lebih kuat dalam perhitungan lebih baik pilih sipil.

Kuliah arsitektur belajar apa aja dan ngapain aja ?
Tonton video ini yaa (video kuliah arsitektur)


Lulusan S1 arsitektur kerja apa ?
Banyak lahan pekerjaan untuk sarjanan arsitektur yang pertama pasti kamu bisa bekerja di salah satu biro arsitektur yang tersebar di penjuru dunia dengan berbekalkan ilmu arsitektur dan kemampuan berbahsa dengan baik.
kedua kamu bisa bekerja di bidang interior design karena saat kuliah bukan hanya menggambar bangunan gedung tapi juga tetang tata ruang dalam.
Ketiga kamu bisa menjadi pegawai negeri (PU) di kota asalmu atau di beberapa kota di Indonesia.
Keempat kamu bisa bekerja di bidang properti atau furniture sebagai perencana desaig furniture.
Kelima kamu bisa menjadi entrepeneurship yang membuka biro arsitektur pribadi.
Keenam kamu bisa menjadi seorang seniman atau artis, contoh beberapa artis Indonesia yang sukses di dunia hiburan yang merupakan sarjana arsitektur adalah, TULUS, ANISA ex.cherybell,

Kuliah arsitektur susah atau enggak ?
Susah dan tidak suatu hal tergantung dari diri masing-masing, selagi mau terus belajar, berusaha dan berdoa yang susah jadi mudah.
Kebanyakan yang membuat sulit mahasiswa arsitektur dalam proses kuliah adalah rasa malas.

Jurusan arsitektur di Malang ada di kampus mana aja ?
Di kota Malang hanya ada 4 kampus yang memiliki jurusan arsitektur 2 kampus negeri dan 2 kampus swasta, antara swasta dan negeri untuk jurusan arsitektur di kota Malang memiliki sistem pengajaran yang sama baik karena hampir dari 4 kampus ini mata kuliah yang di pellajarai hampir semuanya sama.
Oh kamu masih bingung pilih kampus yang mana ? segera tonton video profil kampus ini. Salah satu rekomendasi kampus dengan jurusan arsitektur terbaik di kota Malang.


Jadi ? gimana ? sudah ada gambaran tentang kuliah arsitektur dan karir kedepannya ? semoga bermanfaat ya J. Selagi ada niat ! tekatkan ! dan ladubkan LOL.



Sampai jumpa di dunia arsitektur dan salam satu garis J

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment