Sidang Konsep Arsitektur

Welcome Desember J

Akhir tahun nih ! waah sudah masuk long weekend ya ? tapi sayang hal itu belum berlaku untukku hiks hiks L . Harus balik ke masa sekolah kali ya supaya bisa ngerasain long weekend. Karena sekarang yang berlaku kalender akademik kampus jadi long weekend akhir tahun gak ada lagi, mungkin bisa kalau udah selesai UAS. Ada sih kampus yang udah libur di akhir tahun karena mereka UAS.nya selesai dan setiap kampus punya kalender akademik beda-beda jadi gak serentak liburnya tapi kecuali tanggal libur nasional sih. UAS di kampusku di awal tahun nanti sih, tapi buat kita yang semester akhir sudah gak UAS *yaiyalah anak TA* jadi fokus sama penyelesaian target TA *titip absen ? buka woi ! Tugas Akhir dong *.

                Masih ada kesempatan pindah jurusan engga sih ? gak kuat mau jurusan lain aja deh ! hahaha keputusan tergila kali ya udah tinggal selangkah mau pindah jurusan LOL. Ternyata semester akhir tidak seindah yang ku bayangkan sebelumnya guys. Ku pikir semester akhir beban makin riang dan makin rilex ternyata makin tegang dan makin sibuk. Sibuk main eh engga ding haha, tetap aja gitu kita engga sebebas yang kita mau. Apa Cuma jurusan ku aja ya ? padahal awal masuk semester akhir udah niat bakal terima kerjaan sebanyak-banyaknya dan pengennya punya usaha kecil-kecilan gitu tapi ternyata target yang diminta tetap aja se-abrek jadi ya udah jalani aja *rileksin aja saaay*.

Tugas akhirnya kita sebagai mahasiswa Arsitektur bukan hanya sekedar skripsi pada umunya sih, jadi sebelum akhirnya kita bisa skripsi pastinya kita memalui beberapa proses terlebih dahulu. Pertama kita harus buat 3 laporan dengan judul yang berbeda dan berangkat dari permasalahan lokasi tempat tinggal asli, seperti aku yang asli Malang jadi harus menggali permasalahan atau potensi yang ada di Kota Malang. Terus 3 judul itu 2 diantaranya akan di setujui, satu untuk judul studio perancangan arsitektur 6 dan yang satunya lagi memang untuk judul tugas akhir. Jadi satu semester sebelum masuk semester TA kita sudah memepersiapkan itu. Dan masuk semester akhir kayak aku ini mulai ajuin judul yang sudah ku persipkan tadi dan dicantumin juga mentor dan co-mentor pilihanku, mungkin bisa di bilang aku boleh milih dosen pembimbing sendiri. Tapi ujungnya juga tetap ada tahap seleksi apa dosen pilihan ku itu sesuai sama judul yang ku ajuin, mungkin menunggu 1 minggu kemudian hasil keluar dan mulai menyempurnakan laporan juga mengisi  lembar pengesahan tugas akhir.




Di tahap penyempurnaan laporan konsep menurutku itu pemborosan kertas banget serius ! pemborosan uang juga sih L. Selama penyempurnaan kita ada pembahasan setiap senin dan jumat mahasiswa dan dosen dosen masuk studio, terus progress yang sudah kita kerjakan harus di print jadi kalau salah ya ketik ulang dan pint ulang *namanya penyempurnaan ya harus sempurna yakan ?* ya wlalupun kesempurnaan hanya mjilik Allah. Seminggu kemudia mulai masuk tahap penyususan proposal konsep tugas akhir yang bisa sampai ratusan lembar, kesempatan kita menyusun konsep Cuma ada 6 minggu dan kemudian sidang konsep, Sidang Konsep menurutku hal paling menegangkan karena sampai masuk kelas pun dosen penguji masih di rahasiakan, kalau kita dapat dosen yang super detail ya harus siap. Intinya di titik ini jangan lepas berdoa supaya proses masuk sampai keluar ruang sidang lancar. Ada yang mendadak mules, ada yang mendadak lapar, ada yang bingung latihan presentasi ada yang sok rileks tapi sebenernya tegang macem-macem pokoknya sih saking gugupnya kita sebelum masuk ruang sidang.

Sidang konsep di mulai jam 12.30 dan berakhir 17.00 WIB, hari itu juga hasil sidang kita di umumin tapi tidak di terakan nilai kita masing-masing, alasanya sih surprise dan supaya tetap terpacu untuk mencetak nilai yang terbaik. Takutnya nanti kalau kita udah tau nilainya dan dapat nilai bagus kita jadi sok iye sok bisa gitu jadi ngerasa puas dan gak mau lebih giat lagi, gitu sih katanya, masuk akal juga ya. Yang terpenting kita Lulus semua dan bisa lanjut ke tahap penyusunan design grafis, ada waktu sampai akhir bulan Januari kita sidang ke II yaitu sidang grafis *doain ya manteman*.





Sampai sini dulu ceritanya, semoga berfaedah cerita kali ini yee, mon map manteman :)

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment