Menjelang Tugas Akhir

pict by : archdaily

Finally nulis lagi disini setelah sekian minggu sibuk dengan tugas akhir, sebenarnya harus tetap aktif nulis ya apapun keadaanya (itu baru bloger sejati) tapi tidak semua orang bisa terbagi fokusnya yak an ? begitu juga dengan aku, jadi harap maklum hehe.

                Di postingan sebelumnya aku bilang pasti balik lagi cerita tentang proses selama mengerjakan tugas akhir, jadi di postingan ini akan bercerita tentang “hal pertama yang harus di lakukan sebelum menuju tugas akhir.”

Di kampus ku khususnya jurusan arsitektur skripsi jadi tugas akhir, seminar proposal (sempro) jadi sidang konsep dan seminar hasil (semhas) jadi sidang grafis. Kalau seminar proposal itu kita masuk di mata kuliah di semester 6, jadi awalnya kita di suruh cari beberapa permasalahan yang terjadi di daerah tempat kita tinggal, masing-masing 6 permasalahan dan kemudian dari permasalahan itu di buatlah judul. Dari 6 judul akan disetujui 3 judul oleh dosen, 1 diantaranya boleh di gunakan saat TA nanti. Jadi mahasiswa arsitektur di kampusku adalah anak TA yang harus melewati dua kali sidang ! ntaps soul (y)

Oh ya lalu dua judul yang sudah di setujui tadi itu satu diantaranya juga boleh di gunakan untuk judul perancangan ke enam, atau biasa kita sebut SPA 6 (studio perancangan arsitektur 6) yang dimana itu perancangan terakhir sebelum akhirnya merancang tugas akhir ya. Spa 1-5 itu jenis perancangan sudah di tentukan dari dosen pengampun masing-masing tapi di spa 6 ini kita boleh menentukan sendiri jenis perancangannya. Bisa di bilang latihan sebelum TA kali ya.



Jadi menurutku menentukan judul untuk TA itu mudah kok, ada yang bilang sejak masuk jadi mahasiswa harus sudah mempersiapkan judul untuk TA. Menurutku, boleh juga sih itu saran yang baik tapi jangan di jadikan suatu keharusan yang akhirnya membuat kamu bingung tujuh keliling dan akhirnya kamu tidak menikmati setiap proses jadi mahasiswa. Enjoy aja nikmati. Semangat ya buat kamu yang mungkin saat ini sedang memasuki masa-masa sibuk dengan skripsi atau sedang bersemedi menentukan judul. Kamu pasti bisa J



CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment