TIPS MEMILIH JURUSAN


Pict : by pinters (Anastasia Kawerhas)

Selamat ya buat kamu yang baru menyelesaikan ujian nasional, semoga hasilnya sangat baik dan bisa melanjutkan ke sekolah atau universitas yang kamu mau. Terkadang memilih itu salah satu hal yang gampang-gampang susah, gampangnya tinggal pilih tapi susahnya nggak boleh sembarangan ya kan ?.
Apalagi memilih tentang sesuatu untuk jangka panjang contohnya memilih jurusan untuk melanjutkan pendidikan. Ini kebingungan yang aku alami 7 tahun dan 4 tahun lalu saat memilih jurusan akan lanjut ke SMK dan akan lanjut ke Universitas. Nah supaya kamu nggak bingung aku punya tips memilih jurusan dengan baik.

1.      1. Kenali passion
Passion adalah sesuatu yang sangat kita sukai yang kita lakukan berjam-jam tanpa rasa capek dan saat melakukannya selalu dengan rasa ikhlas. Nah dengan kamu mengenali passion maka kamu akan lebih mudah dan enjoy saat melakukan semua aktifas yang ada di jurusan itu. Tanpa kamu sadari kamu akan melakukannya dengan hati tanpa ada paksaan dari siapapun. Karena bekerja denga hati akan jauh lebih nyaman dan kamu bisa bertahan dengan baik sekalipun dalam kondisi yang sulit.

2.      2. Konsultasi dengan yang berpegalaman.
Konsultasi atau sharing dengan yang berpengalaman akan memudahkan kamu dalam memilih, karena kamu akan mendapatkan pengetahuan baru tentang jurusan yang akan kamu pilih itu. Kebanyakan dari kita hanya menerka – nereka yang indah saja tentang sesuatu yang belum pernah kita ketahui, sedangkan kenyataannya pasti ada hal yang harus kita pertimbangkan lebih dalam sebelum memilih jurusan itu.
Salah satu contoh yang pernah aku alami dulu sempat akan memilih jurusan hubungan internasional aku mikirnya aku akan sering pergi ke beberapa negara dan pasti jago bahasa inggris, padahal kenyataanya HI itu cenderung ke dunia politis yang dimana kita akan banyak membahas tentang isu-isu suatu negara intinya kita di tuntut untuk lebih keritis. Padahal aku tidak memiliki ketertarikan tentang itu. Untungnya  sebelum memilih aku melakukan konsultasi terlebih dahulu ke sepupu yang lebih dulu kuliah. Dan akhirnya aku tidak salah memilih jurusan. Intinya cari tau sebanyak-banyaknya tentang jurusan yang akan kamu pilih.

3.      3. Memiliki banyak peluang di dunia kerja.
Mungkin ini bisa menjadi salah satu kunci utama kamu memilih jurusan, kalau kamu sudah mengenali passion mu tapi ingin mencoba hal baru tentu sangat boleh ya, contohnya kamu dari lulusan SMK Penerbangan kemudian memilih jurusan teknik pembangunan tentu itu ilmu baru bagimu kan ? boleh-boleh saja, tapi sejak awal harus punya komitmen yang kuat kenapa milih jurusan itu ! takutnya kamu berhenti di tengah jalan karena tidak mampu menjalani komitmen mu sendiri, kan sayang ya.
Tujuan melanjutkan pendidikan dengan jurusan yang kamu inginkan pastinya berharap mendapatkan pekerjaan yang mudah, bukan ? tentu memilih jurusan yang memiliki banyak peluang di dunia kerja menjadi pertimbangan juga..
Sempat ku dengar peluang terbanyak yang di butuhkan adalah jurusan yang bergerak di bidang kesehatan dan pembangunan. Tapi menurut ku saat ini semua jurusan sangat memiliki banyak peluang karena bekerja bukan hanya di sebuah perusahaan saja, saat ini membuka lapangan kerja juga sudah menjadi solusi yang tepat. Yang terpenting bagaimana usaha kita saja ya.

4.      4. Jangan ikut-ikutan.
Jangan pernah kamu memilih hal apapun karena paksaan atau pengaruh orang lain, selain menyebabkan kesulitan di dirimu sendiri tentu akan membuat mu menyesal juga di kemudian hari. Jangan pernah takut kamu akan sendiri karena memilih jurusan yang berbeda dari teman-temanmu. Menurutku semakin banyak perbedaan antara kamu dan mereka itu akan semakin seru ya, kamu bisa saling berbagi cerita tentang jurusan masing-masing.
Karena yang tau kemampuan mu hanya dirimu sendiri jadi pilih saja sesuai inginmu bukan ingin mereka.

5.     5. Yakini.
Setelah berusaha dengan segala cara dan melalui banyak pertimbangan memilih jurusan jangan lupa bedoa dan meyakini pilihanmu itu . Yakin dan percaya serahkan semua kepada Tuhan dengan apa yang sudah kamu perjuangkan itu akan menjadi pilihan terbaikmu. Karena kamu akan menjadi apa yang kamu  kamu fikirkan.

Selamat menentukan pilihanmu ya J

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment