Tips Mudah Memilih Kampus

pinteres by Kim Baldwin 

Senang ya akhirnya jadi calon mahasiswa ! perasaan masih kemarin ikutan ospek di SMA sekarang sudah bingung aja milih universitas. Bersyukurlah kamu yang punya kesempatan lanjut ke bangku kuliah Karena kesempatan semacam ini nggak semuanya bisa merasakan. Jadi yuk manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin.

Baca juga tips memilih jurusan

Memilih universitas pun juga harus melalui pertimbangan loh supaya tidak salah pilih tentunya kan ! karena selama 4 tahun (S1) lamanya kamu akan berada di tempat ini jadi sebisa mungkin kamu harus tepat dalam memilih.

1.        3 Kampus Pilihan
Pertama kamu harus tau nama universitas yang akan kamu pilih, minimal kamu mengenal 3 nama kampus di Indonesia. Karena banyak sekali kampus negeri sampai swatsa di dalam negeri tentu kamu harus tau beberapa diantaranya. Kenapa harus 3 ? menurutku itu akan mempermudah kamu dalam menenukan reverensi tentang kampus idamanmu. Karena setiap kampus memiliki memiliki grade dan fasilitas masing-masing, bisa kamu pilih kampus di dalam atau di luar kota tempatat tinggalmu.

2.       Akreditasi Kampus.
Akreditasi kampus sangat penting untuk manjadi acuanmu memilih salah satu kampus negeri atau swasta karena didalamnya akan mempengaruhi fasilitas dan tenaga pendidik. Fasilitas juga menjadi salah satu hal penunjang yang akan membuat kita nyaman dan senang ya ketika belajar di sebuah kampus dengan segala sesuatu yang memadai dan tentunya tenaga pendidik juga harus menjadi perhatian kita saat memilih kampus, karena itu pun akan berpengaruh besar terhadap kelancar study kita, menurutku sih semakin banyak doktor dan semakin banyak profesornya kampus tersebut memang patas untuk kamu pilih karena saat di mulainya perkuliahan jika dosen kita adalah seorang professor yang akan mengajar perkuliahan kita tentu ilmu yang akan di sampaikan jauh lebih mantap karena beliau sudah melalui banyak proses belajar sampai menjadi professor.

3.       Biaya.
Hal yang harus kamu pikirkan pula adalah biaya, karena jaman sekarang sekolah tinggi jarang yang membutuhkan biaya kecil. Setelah kamu menentukan kampus terbaik tentu kamu juga harus tau biaya tinggal dimana kampusmu berada. Mungkin kamu yang dari daerah memilih kampus di perkotaan tentu kamu butuh tempat tinggal bisa kos, kontrakan atau yang sedang hits saat ini adalah tinggal di apartment. Belum lagi biaya makan, transportasi dan biaya pokok untuk pembayaran kuliah dan printilan-printilan biaya tugas atau bahkan kamu harus membuat rencana biaya yang terduga. Memang semua itu harus di persiapkan sejak dini agar bisa membantumu memilih sebuah kampus yang tepat dan biaya kehidupan yang sesuai dengan kantong calon mahasiswa sepertimu. Mungkin biaya untuk hidup bisa kamu siasati sebaik mungkin karena gaya hidup masing-masing orang berbeda sehingga kamu mengerti berapa biaya yang kamu butuhkan untuk hidup di kota perantauanmu. Kalau biaya pokok perkuliahan tentu sudah sesuai dengan ketentuan kampusmu yang tidak bisa kamu ganggu gugat.

Semoga tips kali ini bermanfaat, dan monmap ya kalau tips ini tidak sesuai menurut mu karena ini murni pengalaman saya pribadi sebagai penulis J.
good luck 

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment