Setahun jadi pengangguran


If you believe in God you will never worried about your live, cause He knows what the best for you ! everybody have different way to get their success. enjoy your life !



Pagi ini, minggu kedua di bulan Mei tiba-tiba aku ingat setahun lalu aku wisuda sarjanan arsitektur dan itu tandanya setahu pula aku jadi pengangguran, iya pengangguran haha. Setahun tepat di bulan ini aku jadi pengangguran dan bersyukurnya di bulan berikutnya aku bukan pengangguran lagi, duh senang J  semoga juga di tahun berikutnya aku enggak nganggur lagi, doain aja siapa tau kita bisa traveling bareng kan, hihi asyik.

Sebagai perayaan setahun menjadi pengangguran aku mau buka-bukaan cerita semuanya tentang setahun kebelakang what I have been doing a year ago?, jadi mungkin baru kali ini kamu nemuin ada pengangguran bangga, yeah ! that's me ! 

Sejujurnya dua minggu paska wisuda (2018) aku lolos kerja di perusahaan furniture and interior di Banda Aceh. Setelah kirim cv dan persyaratan lain terbanglah aku ke Banda Aceh, entah aku tidak banyak melewati seleksi tapi tiba-tiba harus berangkat aja dan tentu aku harus siap. Layaknya para perantau lain aku well prepare pokoknya satu koper gede beres tertata rapi, teman – teman baik ku semua semacam sedih ngelepas aku kerja jauh sampai-sampai mereka made a little farewell party gitu, secara ya kabar ini juga terhitung mendadak tapi anehnya saat itu aku engga merasa Banda Aceh itu jauh tapi waktu aku buka peta ternyata jauh juga !  kok sadar ku telat ya ? :(  am I ok ? lol.


Berangkat dari Bandara Abd. Saleh pakai Lion Air transit ke Bandara Soeta ke terminal tiga naik sky train, berasa katrok karena selama ini cuma baca aja katanya pintar tanpa masinis di jakarta, lanjut terbang ke Banda Aceh by Garuda , fyi ini penerbangan pertama ku dan nyicipin dua maskapi sekaligus, sekatrok itu aku haha. Sesampainya di sana di jemput dua abang-abang tampan dan makan malam dulu sebelum akhirnya bermalam di rumah pemilik perusahaan, malam itu suasana Banda Aceh sepi karena semua orang masih sholat tarawih dan waktu makan malam tentu selesain tawaraih ya, toko-toko di Banda Aceh baru buka lagi setelah sholat tarawih. Hari pertama aku langsung kerja tapi masih tahap percobaan gitu sih, aku di perintah gambar 2D project kamar gubernur Banda Aceh karena itu project yang paling mendesak ,1 jam waktu pengerjaan big bos datang dan ngereview hasil gambarku dan penilaian untuk  desain ku katanya masih standart olimpic a.k.a lokal wich mean standart perusahaan ini adalah American standart yang elegant gitu. engga apa-apa namanya juga baru hari pertama dan bidang interior adalah bidang pertamaku apalagi masalah furniture aku tidak banyak tau tapi ketika aku dapat kabar kalau aku di terima di perusahaan ini aku sudah menata mental sebaik mungkin karena ya aku siap apapun resiko di dunia kerja dan aku mau belajar banyak di bidang baruku that’s way aku se confident itu untuk menerima tawaran ini, kalau mikir kekurangan terus aku gak akan berani mencoba, ya sudah coba dulu aja.



Tiga hari berlalu setelah kemampuan 2D dan 3D ku di uji ada kabar mengejutkan dari big bos tapi saat itu aku sama sekali tidak terkejut, serius ! entah aku aneh, tapi orang tua dan orang terdekat benar – benar terkejut terutama papa ku sih yang merasa paling terluka sedang aku baik-baik saja dan mikir “yaudah sih engga apa-apa” beneran cuma gitu. Tapi pas mau take off di dalam pesawat semua pikiran yang tadinya baik-baik saja berubah jadi tidak baik – baik saja haha. Gitu ya Tuhan maha membolak-balikan perasaan.

Aku mulai sadar kenapa mereka terkejut dan papa yang paling terluka, ya karena masih tiga hari aku di pulangkan ke Malang, secepat itu ya ? sedangkan berangktanya di buru-buru, it's ok aja buaaku kan jadi enak bisa ketemu mama, papa dan teman-teman lagi. Seenggaknya satu keinginan ku naikpesawat sudah tercentang, fyi lagi yaa semua biaya di tanggung big bos, kan jadi enak lagi aku nya cuy. Hal ini yang patut ku syukuri meski di balik itu ada kisah pilu.

Jadi alasan aku di pulangkan karena big bos mau aku memperbaiki skill di software 3Dmaxs, beliau merekomendasikan aku kursus di tempat yang bagus sesuai jaman beliau  kursus dulu di Malang, jauh amat yak ? dan aku rasa tempat kursus itu sudah tutup, dua bulan maksimal waktu kursus ku katanya, setelah itu aku bakal terbang lagi ke Banda Aceh bahka beliau menegasakan juga aku engga perlu khawatir tentang pekerjaan karena aku balik ke Malang untuk kursus meningkatkan kemampuanku jadi lebih baik dan aku merasa beliau baik banget belum apa-apa aja aku sudah di motivasi untuk jadi lebih baik, ya tapi ketika di dalam pesawat aku tiba-tiba mikir engga mau balik kerja lagi bahkan aku engga mau kursus jadi aku lebih baik memperbanyak pengalaman dulu di Malang. Padahal pesawat belum take off  tapi I was change my mind jadi sedikit depresi karena mikir bakal di cibir orang ternyata aku sarjana dengan kemampuan nol, kerja jauh-jauh di pulangin secepat itu, malu sama teman-teman yang sudah farewell party. serius sampai se-lebay itu mikirnya.

Sesampainya di Malang aku mengurung diri selama seminggu, dari tetangga, dari komunitas pemuda di kampungku bahkan dari saudara-saudaraku sendiri, iya di kepala  banyak kekhawatiran, over thinhking yang mungkin bisa membuatku sinting haha ! padahal kenyataannya itu engga terjadi dan semua baik-baik saja, cuma aku lebay

Beruntungnya aku punya lingkungan orang-orag baik yang support banget jadi depresi itu seminggu aja cukup, Bersyukur ya Allah gak sampai aneh-aneh. beneran malu loh itu, seminggu lulus langsung dapat kerjakan sesuai bidang dan merantau pula kan termasuk prestasi ya eh tapi cuma 3 hari ! berasa sudah di awan terus jatuh, kan sakit cuy.

Seminggu berlalu aku mulai percaya diri keluar rumah dan jalan bareng teman-teman, mulai cari kerjaan lain tapi masih mau jago kandangan aja, jujur trauma keluar kota masih ada juga sih, cemen ! dasar aku. Tapi itu jauh lebih baik karena mengenali diri dengan baik.

Setelah hari raya idul fitri aku dapat pangilan interview kerja di perusahaan konsultan Jakarta tapi yang di Malang adalah anak perusahaan, kalau tahap terakhir ini lolos aku bakal kerja jadi drafter outlate bisnis kue artis yang terkenal di Malang yang berbahan dasar apel itu, tapi ternyata aku gagal. Ok aku menyibukan diri dengan aktifitas pemuda di lingkunganku salah satu cara menikmati hidup supaya engga galau karena pengangguran.

Selama berbulan-bulan jadi pengangguran aku masih enjoy dan semakin asyik merangkai ribuan mimpi salah satunya mimpi study abroad, iya pengen banget study master ke Belanda padahal awalnya tergila-gila dengan London sampai pernak pernik di kamar beberapa tentang London tapi setelah banyak baca Negara yang cocok untuk study master architecture itu di Belanda. Semakin banyak baca tentang Belanda kok aku makin jatuh cinta ya ? yaa dasarnya juga aku paling suka building heritage  mungkin itu salah satu faktor ! bismillah aja.

Harapanku setelah lulus kuliah bisa kerja dua tahun dan apply beasiswa, tapi nyatanya belum kerja juga, oh ya pas aku TA sudah mulai cari tau apa aja persyaratan apply beasiswa. Yang aku ingat ada part yang bakal di tanya hal apa yang sudah kamu kasih untuk Negara dan itu sih yang belum aku punya, jujur kepikiran dan berupaya berbuat sesuatu, lalu muncullah keinginan jadi relawan. Detik – detik sidang TA sambil ngelamun ini kenapa gambar engga selesai-selesai aku juga ? ngebatin

“ Tuhan, capek ! boleh gak sih setelah lulus aku minta kesempatan liburan kemana gitu, intinya engga kerja dulu. Mau ke Sumba dong Tuhan mau tau tanah kelahiran, atau terserahlah kemana intinya aku mau santai dulu “.

Ternyata dumelan itu terkabulkan, aku gabung komunitas tanggap bencana SAHABAT PEDULI INDONESIA di Jakarta salah satu co-foundernya mbak Dee Lestari writer and Indonesian singer, aku sebulan jadi relawan arsitek di gempa Lombok dari awal Oktober sampai awal November 2018 ternyata asyik aku bisa jalan-jalan gratis ke NTB padahal doanya pengen ke NTT, alhamdulillah. Balik ke malang masih di pertengahan Novermber aku gabung relawan mengajar di Kelas Inspirasi Malang, ini komunitas "anak turunan" dari Indonesia Mengajar. Sempat di  tawarin saudara yang di NTT buat jadi guru di pedalaman tapi ternyata pas di tawarin pendaftaran sudah di tutup,yah ! engga apa-apa jadi relawan aja sudah seneng banget, 10 januari sampai 10 Februari aku jadi relawan arsitek lagi di tsunami Ujung Kulon jalan-jalan lagi ke markasnya badak plus silaturahmi ke rumah bude di Serang – Banten, Alhamdulillah jalan-jalan gratis lagi ya J.








Sampai di Malang tes-tes kerja lagi dan berani cari kerja di luar kota, di mulai dari Surabaya sih yang paling dekat dengan Malang tapi gagal lagi di tahap interview ke dua, ok fine ! selalu disitu gagalnya. Applay CV di beberapa perusahaan BUMN engga ada kabar sama sekali akhirnya balik lagi aktif di kegiatan kepemudaan di kampung, kampungku kedepannya bakal jadi salah satu destinasi di kecamatan Singosari dan sekarang sudah terkenal dengan sebutan “Eduwisata Kampung Sawi Mondoroko” berkecimpung disitu aku jadi banyak kenal perangkat desa bahkan perangkat kecamatan tapi yang terpenting aku bisa ikut andil atas kemajuan kampung ku. Mencoba memulai perubahan dari sendiri, kemudian ke lingkungan sekitar dan mungkin ikut andil atas perubahan negara next ! who knows ;). Berharapnya begitu.


Dari banyaknya CV yang sudah ku sebar aku coba review sebab musabab  kegagal haha, contohnya selalu gagal di perusahaan BUMN mungkin karena aku belum punya sertifikat keahlian software arsitektur, tapi aku punya sertifikat kursus bahasa inggirs, sertikat juara dua sayembara arsitektur, mungkin skill ku di ragukan karena aku belum punya bukti tertulis berupa sertifikat jadi aku coba ikut di tempat kursus gratis di BLKI Singosari bulan April – Mei. Niatnya Cuma cari sertifikatnya aja tapi ternyata dapat ilmu baru dan teman-teman baru yang super baik. Hal begini nih yang selalu suka coba hal baru dan emang engga ada ruginya.


Jujur, selama ini aku engga ngerasa aku “pengangguran” karena aku asyik mencapai beberapa goals yang memang sudah ku susun tahun ini kalau masalah penghasilan Alhamdulillah masih dapat walaupun tidak sebesar gaji orang kantoran cuma memang engga punya kantor, engga official gitu deh pokoknya.

Lalu aku berterimakasih banyak teruntuk orang-orang yang sangat menghawatirkan masa depanku yang seakan – akan jobless sampai kiamat. Ini beneran terjadi cuy ! sampai mama ku yang tadinya engga kepikiran tentang aku yang oengangguran jadi kepikiran dong karena ada orang tiba-tiba bingung kenapa aku engga segera kerja, padahal di balik itu beliau engga tau smart phone ku baru dan saldo ATM orang tua ku bertambah, lucu aja kenapa sampai segitu perhatiannya ke aku, saudara juga bukan. kalau aku mikirnya emang lebih baik aku share snapgram atau WA story tentang aku yang isinya cuma main dan jagain ponakan dari pada aku harus share tentang pekerjaan ku karena dengan begitu akan banyak orang tanya aku kerja apa ? gaji berapa ? asli itu pertanyaan yang terlalu kepo dan bikin males, kecuali kamu sudah dekat banget wajarlah !

Betul, aku sangat bangga dan sangat mensyukuri ke-ngangguranku selama satu tahun itu, ya ! aku sangat menikmati itu. Aku engga pernah khawatir tentang kehidupan karena yang aku dapat sekarang itu terbaik buat aku dan apa yang tidak aku dapat itu bukan yang terbaik buat aku. Sesimple dan sedamai itu aku menyikapi siklus hidup ini J

Jadi buat kamu yang mungkin sekarang ada di masa – masa sepertiku lebih baik nikmati masa – masa degdegser nungguin kira-kira Tuhan tu mau kasih kejutan apa sih ke kamu ? itu nikmat banget asli ! selain itu coba perbanyak kegiatan apapun yang kamu suka dan jangan berhenti berusaha, sama-masa pengangguran adalah masa dimana kamu di beri kesempatan untuk improve yourself, berdoa juga tentunya ya terus berusaha, sekalipun kamu kerja engga sesuai title kamu it’s not big deal menurutku. Kamu malah hebat bisa coba hal baru bahkan bisa survive dengan apa yang sebelumnya kamu tidak pernah pelajari, percaya aja Tuhan sudah mengatur hidup sebaik-baiknya jadi perjalanan hidupmu tidak akan pernah salah. Semoga masa-masa sulit ini membentukmu menjadi peribadi tangguh dan semakin yakin atas kehendak Tuhan. Setiap manusia akan sukses dengan cara dan waktu mereka masing-masing. Selamat berjuang.

Besok 14 Mei 2019 aku mulai kerja dan semoga kamu yang sedang menunggu kabar dari perusahaan segera mendapat kabar gembira. Mari saling mendoakan siapa tau kita bisa saling sharing sembari traveling bareng. see yu on top J

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment