Pengalaman Naik Bus Dimasa Pandemi

Sejak bulan Juni 2020 sudah berencana datang ke resepsi pernikahan sepupu di Serang - Banten. Acaranya di minggu awal bulan Agustus 2020. Disana pemerintah sekitar mengizinkan adanya resepsi pernikahan dimasa pandemi ini jadi semua acara aman terkendali karena sudah melalui izin resmi. Total ada lima orang yang berangkat dan naik bus pahala kencana, perjalanan sekitar 12 jam Malang - Serang. Tiket kami beli di agen travel secara offline karena lebih murah dari harga aplikasi online yang sudah kami cek sebelumnya. Perjalanan panjang harus melalui persiapan yang matang apalagi dimasa pandemi seperti ini, wajib mengikuti segala aturan protokol kesehatan yang ada supaya perjalanan lancar sampai tujuan.



bus pertama (berangkat) ada pembatas antara penumpang dan sopir

kursi yang nyaman

bus kedua (pulang) tanpa pembatas

suasana saat makan malam di Madiun

Perjalanan Malang - Serang senang sekali dapat bus yang bagus, nyaman dan bersih hanya perjalanan sedikit lambat karena sering berhenti ambil penumpang di kota tertentu. Hal ini membuat tidak nyaman karena lagi enak-enaknya tidur ada penumpang baru masuk jadi kebangun dan mikir keamanan barang bawaan, jujur ada sedikit rasa curiga tapi Alhamdulillah aman selamat sampai tujuan. Selain itu Area penumpang dan sopir terpisah, jadi ada 2x pintu yang kami lewati, mungkin menyesuaikan aturan new normal, kursi bersih dan nyaman, AC berfungsi dengan baik. Tidak ada gorden jadi lebih maksimal melihat pemandangan di luar.






Perjalanan pulang Serang - Malang kurang beruntung dengan kondisi bus tidak baik. AC bocor dan kursi penumpang tepat di depanku bagian sandarannya rusak, gak bisa disandarin kalau di paksa sadaran kursi bakal jatuh ke penumpang belakangnya dan saat itu aku yang berada diposisi itu tentu aku terganggu. Karena kakiku menopang beban kursi dan gak bisa bergerak, sedangkan penumpang di kursi itu tidur dan gak sadar posisi kursi jatuh kebelakang menindih aku ! haha. It's ok toleransi beberapa menit kalau penumpang depan gak segera bangun, tapi kalau kelamaan aku juga engga nyaman. Aku rasa pasti penumpang di kursi itu sebal karena merasa tidak terfasilitasi dengan baik apalagi perjalanan panjang dan tiket lebih mahal. Untung ada kursi kosong yang bisa di tempati jadi beliau bisa pindah ke kursi lebih nyaman, padahal sudah kami sarankan sejak awal tapi masih bertahan di kursi yang rusak.

kursi depan yang rusak


Cara beli tiket bus pahala kencana Malang - Serang


1. Ke agen travel atau melalui aplikasi pembelian tiket online
Di Singosari ada dua agen yang aku tahu, tapi yang selalu jadi langganan ada di toko buku bina ilmu. Kamu bisa langsung tanya ke kasir toko tersebut, pilih kota tujuan dan jumlah kursi yang dipesan.

2. Bawa KTP untuk mempermudah penulisan identitas salah satu calon penumpang saja. Sebagai perwakilan pembeli.

3. Harga tiket (Agustus 2020)
Berangkat = Rp, 400.000/orang
Pulang = Rp, 420.000/orang

4. Simpan tiket dengan aman sampai kota tujuan karena tiket berguna juga untuk penukaran jahat makan. Bis akan berhenti di kota tertentu untuk makan malam.

Tips perjalanan naik bus dimasa pandemi
1. Memiliki bukti surat kesehatan dari dokter untuk setiap penumpang (Syarat dari bus pahala kencana).
2. Wajib masker / faceshield.
3. Memakai lengan panjang / jaket dan kaos kaki. Meskipun tidak dimasa pandemi outfit ini rasanya perlu karena di bus full AC dan dengan memakai itu akan nyaman ketika suhu dingin saat malam tiba.
4. Bantal leher + earphone. Sebenarnya kursi bus nyaman kok bahkan kursi bisa di jadikan tempat tidur tanpa menggangu penumpang lain, bantal leher memberi kenyaman lebih dan membuat tidurmu semakin nyenyak didukung musik dari earphone mu.
5. Buat kamu yang suka ngemil  siapkan Snack & soft drink favorit sebanyak-banyaknya supayae enggak bosen.
6. Obat-obatan pribadi
Obat khusus wajib dibawa demi keselamatan kamu sendiri. Tapi kalau kamu lolos tes kesehatan itu tandanya tidak ada Penyakit serius yang kamu alami ya. Kalau hanya sekedar minya kayu putih atau obat anti mabuk perjalanan yang kamu butuhkan tentu wajib dibawa.
7. Pastikan baterai handphone full kalaupun lowbat bisa chargering di bus tapi jangan sampai lupa, nanti HP mu hilang.

Jangan Lakukan Ini di Bus !

1. Buang air kecil saat bus berhenti.
Dilarang keras kencing di saat bis berhenti, contohnya saat bus melakukan pengisian BBM atau saat berhenti parkir untuk makan malam.
Ada satu kejadian penumpang yang buang air kecil disaat waktu tersebut diatas. Kernet bus langsung menegur dan parahnya pelaku diberi hukuman membersihkan lokasi tersebut sampe bersih. Dan itu berefek ke penumpang karena kemoloran waktu  Jadi km jangan coba-coba !

2. Charging earphone & power bank di bus.
Ini kejadian di aku sendiri, tiba-tiba di tegur kernet karena charging earphone bluetooth ku dengan alasan daya listirk bus tidak kuat dan bisa menyebabkan kebakaran bus. Ok  ! auto cabut.


Untuk kamu yang akan bepergian dengan transportasi publik seperti bus sebaiknya perhatikan syarat dan ketentuan yang mencakup peraturan new normal.
Stay safe and be health everyone 😇

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment